Tentang UGM
IT Center
Perpustakaan
Penelitian
Webmail
// Event

Allama Iqbal’s Poetry
Sir Muhammad Iqbal (Urdu: محمد اِقبال‬‎) (November 9, 1877 – April 21, 1938), widely known as Allama Iqbal, was a poet, philosopher and politician, as well as an academic, barrister and scholar in British India who is widely regarded as having inspired the Pakistan Movement. He is called the \"Spiritual Father of Pakistan.\" He is considered one of the most important figures in Urd...more »

Johanna Hannah Arendt
Johanna Hannah Arendt adalah seorang pemikir politik keturunan Yahudi, yang lahir di Linden, Jerman tahun 1906. Ia mengagumi filsuf Jerman, Immanuel Kant, dan belajar filsafat di bawah bimbingan Martin Heidegger. Hubungan pribadinyadengan Heidegger menjadi problematik karena Heidegger merupakan salah satu filsuf Jerman yang ikut bersimpati pada gerakan Nazisme di bawah kendali Hitler. Sebagai ketu...more »

ANGELA MCROBBIE
Angela McRobbie, perempuan kelahiran Inggris tahun 1951, adalah seorang peneliti budaya Inggris yang saat ini menjadi guru besar bidang komunikasi di Goldsmith, University of London. Mayoritas objek penelitiannya adalah industri dan konten majalah. Fokus utama penelitiannya pada ragam cara media dalam merepresentasikan peran gender. Terutama apa yang dikatakan media untuk dikerjakan kaum laki-...more »

MUKTI ALI
Studi agama-agama di Indonesia tidak dapat dilepaskan dari figur Mukti Ali (1923-2004). Akademisi IAIN (sekarang UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta yang pernah menjabat sebagai Menteri Agama RI (1971-1978) ini merupakan pelopor awal studi agama-agama dan perintis berdirinya jurusan ilmu perbandingan agama di lingkungan Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI). Selain di PTAI, embrio studi agama-agama di In...more »

SLAMET ABDUL SJUKUR
Slamet Abdul Sjukur lahir di Surabaya, Jawa Timur, 30 Juni1935 dan baru saja meninggal dunia pada 24 Maret2015 di usia 79 tahun. Ia adalah seorang komponis yang terkenal sebagai salah seorang pionir musik kontemporer Indonesia. Karya-karyanya lebih banyak dinikmati di mancanegara, khususnya negara-negara Eropa, daripada di Indonesia. Ia lah yang memunculkan ide ‘minimaks’, yaitu m...more »

WOLFGANG ISER
Wolfgang Iser (lahir 22 Juli 1926, wafat 24 januari 2007) adalah seorang teoris sastra Jerman terkemuka. Ia salah seorang pendiri Constance School of Reception  Aesthetics, dan Guru Besar Sastra Inggris di University of Constance dan University of California. Tahun 2007, saat wafatnya, Iser tercatat sebagai seorang teoris sastra yang sangat terkenal di dunia. Buku-buku karya...more »

Mahmud Ghazan Khan
Mahmud Ghazan Khan (1271-1304) adalah penguasa ketujuh dari Kekaisaran Mongol, Ilkhan, di negara bagian (yang saat ini dikenal) Iran, sejak 1295 hingga 1304. Ia anak dari Arghun dan Quthluq Khatun, melanjutkan garis keturunan para penguasa, Genghis Khan. Dianggap paling menonjol di antara klan Ilkhan, karena kepopulerannya dalam mengkonversipolitikke Islam pada tahun 1295 ketika ia memegang tampuk...more »

Marta Elena Savigliano
Marta Elena Savigliano is a political theorist and anthropologist from Argentina. Her areas of interest include the politics of culture and the transnational traffic of cultural goods, workers, ideologies and affects under global capitalism. Exoticism and cultural (mis)translations conceptually guide her research on dance and dancers’ migrations. The active participation of artists and...more »

Stephen Hawking
Stephen William Hawking (born 8 January 1942) is an English theoretical physicist, cosmologist, author and Director of Research at the Centre for Theoretical Cosmology within the University of Cambridge. Among his significant scientific works have been a collaboration with Roger Penrose on gravitational singularity theorems in the framework of general relativity, and the theoretical prediction tha...more »

Karen Armstrong
Karen Armstrong (lahir 14 November 1944 di Wildmoor, Worcestershire, Inggris) adalah seorang pengarang, feminis dan penulis tentang agama-agama Yudaisme, Kristen, Islam dan Buddhisme. Ia dilahirkan dalam sebuah keluarga Irlandia yang setelah kelahiran Karen pindah ke Bromsgrove dan kemudian ke Birmingham.Dari 1962 hingga 1969, Karen Armstrong menjadi seorang biarawati dari Ordo Society of the Holy...more »

Raden Saleh Sjarief Boestaman
Raden Saleh Sjarief Boestaman atau lebih dikenal dengan sebutan Raden Saleh adalah sosok yang penuh warna dan multi-talenta. Kebesaran namanya tentu tidak diragukan lagi dalam dunia seni lukis di Indonesia. Namun, wajah kehidupan Raden Saleh tidak hanya diwarnai dengan kiprahnya sebagai maestro seni lukis sekaligus pelopor seni lukis modern di Indonesia. Ia juga seorang arsitek, pemikir, pejuang, ...more »

Tan Malaka
Mungkin tak banyak generasi muda bangsa ini yang tahu bahwa Ibrahim Datuk Tan Malaka adalah penggagas awal berdirinya Republik Indonesia. Aneka perseteruan dan keputusan politik telah melabur hitam sosok dan perannya dalam sejarah bangsa ini.Puluhan tahun namanya pun absen dan dibuang dari buku-buku sejarah. Padahal Tan Malaka adalah orang pertama yang merajut konsep Republik Indonesia lewat tulis...more »

Y.B. Mangunwijaya
Yusuf Bilyarta Mangunwijaya, Pr. atau lebih dikenal dengan panggilan Romo Mangun lahir di Ambarawa, Jawa Tengah, 6 Mei 1929. Semasa hidupnya, Romo Mangun memiliki banyak aktivitas. Ia dikenal tidak hanya sebagai seorang rohaniawan tetapi juga budayawan, penulis, dan juga arsitek. Ia juga dikenal sebagai aktivitis pejuang wong cilik. Gagasan, sikap dan kepedulian Romo Mangun pada kehidupan&nbs...more »

Julia Suryakusuma
Julia Indiati Suryakusuma adalah penulis feminis Indonesia yang lahir di New Delhi, India 19 Juli 1954. Sebagai anak dari seorang diplomat Julia sejak kecil sudah kaya dengan pengalaman mobilitas lintas negara. Menurut pengakuan Julia,kesadaran feminisnya sudah muncul sejak ia di bangku SD. Tetapi kesadaran politiknya pertama kali bangkit ketika ia tinggal untuk bersekolah di London di bidang sosi...more »

Vandana Shiva
Dr. Vandana Shiva adalah seorang aktivis lingkungan dan penulis anti globalisasi, lahir di Dehra Dun, Uttarakhand, India 5 November 1952. Awalnya ia adalah seorang fisikawan nuklir dan fisikawan kuantum. Ia memperoleh gelar doktor di bidang filsafat di University of Western Ontario, Kanada. Ia kemudian berubah haluan dan lebih dikenal sebagai ahli dan aktivis lingkungan yang mendedikasikan hidupny...more »